Tags

, , ,

Heh, aku baru nyadar kalo wisuda itu berasal dari gabungan 2 kata, bahasa jawa dan bahasa Indonesia (non baku) —> WIS + UDA yang artinya: SELESAI!!!

Selama ini emang wisuda dijadikan simbol sebagi akhir dari masa studi di sebuah instansi pendidikan. Yah, sebut saja sekolah, universitas, dan institut, atau akademi. Ternyata emang kalau bikin suatu istilah gak mungkin gak ada sebab dan alasannya ya. Wisuda. ya uwis. selesai… hehehehehe

Paling, kalau misalnya cuman WIS aja bakalan aneh, kurang pas dan cenderung memihak suku Jawa (*maap, kata-kata WIS, yang artinya sudah selain di Jawa ada lagi gak di mana lagi pemakaiannya? Gue sih ngertinya cuman orang jawa yg bilang WIS sbg kata sudah*)

Kalau cuman UDAH, lebih gak enak lagi. Nah, makanya disepakati digabungnya dua kata tadi (*gak usah banyak gabungan kata, tar malah kepanjangan ka g enak juga…^^) Akhirnya, muncullah kata WISUDA sebagai penanda lulus sekolah. Nah, graduation itulah penanda selesainya masa berakhir kita di sekolah/kuliah/dkk.

Jadi, kalau udah selesai sekolah/kuliah/dkk artinya kita WISUDA (selesai) *ngomong apasih nih… Hahahaha

Ya pokoknya seperti itulah pengamatan saya mengenai makna dari kata WISUDA. Mungkin ada yang punya pendapat lain (*disarankan pendapat pribadi, dan diharamkan pendapat dari google)^^

-wisuda-